Padepokan Dayang Sumbi Ulat Sutra

PAKET TOUR BANDUNG

www.ftrans.co.id

BANDUNG adalah tempat yang sangat seringkali touris lokal maupun touris mancanegara yang hendak datang ke kota Bandung. adapaun berbagai macam tempat wisata di bandung di antaranya :

Bandung Kota : Saung Angklung Udjo , Cihampelas , Pasar Baru , FO Jalan Riau , FO Jalan Dado , Paris Van Java , Trans Studio Bandung , Cibaduyut , Toko Tiga , D ‘ Fashion , Taman Ir.Juanda ( Dago Pakar ) , Museum Sribaduga , Museum Geologi , Museum Mandala Wangsit Siliwangi , Padepokan Dayang Sumbi ( Ulat Sutra ) dll.

Bandung Utara : Tangkuban Perahu , Floating Market Sariater Hotspring , Dusun Bambu , De’Ranch , Kampung Gajah , Tahu Susu Lembang , Taman Kupu – Kupu , Teropong Bintang Boscha , Terminal Wisata Grafika Cikole dll.

Bandung Selatan : Kawah Putih Ciwidey , Arum Jeram Sungai Panglayang , Pemandian Air Panas Ciwalini dll.

Berikut adalah tempat – tempat wisata di Bandung. anda ingin tau selengkap nya kita ke PADEPOKAN DAYANG SUMBI ( Ulat Sutra ) Check It Out.

Padepokan Dayang Sumbi Ulat Sutra

Pernahkah Anda membayangkan bahwa kain sutera yang begitu indah dan mahal harganya terbuat dari ulat yang menjijikkan? Bahkan bagi orang yang alergi bisa menimbulkan paranoid. Di Penangkaran Ulat Sutra Padepokan Dayang Sumbi Anda bisa melihat secara langsung detil tahapan/proses penangkaran ulat yang menjijikkan namun harganya selangit itu.

padepokan-dayang-sumbi 5

Wisata Ilmu

Ada jargon menarik yang coba dibangun objek wisata ini, yakni “wisata ilmu”. Artinya, dengan pergi ke Padepokan Dayang Sumbi pengunjung dijamin tak hanya akan berwisata namun juga ilmunya akan bertambah terutama soal pengetahuannya berkaitan dengan seluk-beluk ulat sutra. Menariknya, Padepokan Dayang Sumbi telah menjadi pelopor wisata ulat sutra di Indonesia.

Lokasinya berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut (dpl). Di padepokan ini siapapun yang datang bisa dengan leluasa menyaksikan rantai kehidupan seekor ulat dimulai dari penetasan, kemudian menjadi larva, kemudian menjadi ulat, dan sampai akhirnya berubah menjadi kepompong. Proses pemintalan kepompong menjadi benang sampai penenunan kain sutra pun ilmu lain yang bisa didapatkan.

Padepokan ini mulai dibuka sekitar tahun 2005. Namun sebetulnya proses pembudidayaannya sendiri sudah mulai dilakukan sejak tahun 1994. Lokasi ini juga menjadi favorit para peneliti yang tertarik meneliti bagaimana detil budidaya ulat sutra sampai akhirnya bisa menjadi produk yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Sebagaimana diketahui sutra hanya dipakai oleh kalangan kelas menengah-atas saja.

Untuk berkunjung, Anda mesti bookingtempat terlebih dahulu. Disana tersedia beberapa paket penawaran yang menarik. Jika mengambil paket open house biasanya akan digabungkan dengan para pengunjung yang lain. Jika ambil paket unuk anak sekolah, maka per kelompoknya dibatasi sampai maksimal 60 orang dengan tarif RFp 15.000/ orang. Ingin lebih privat yaitu tidak digabungkan dengan grup lain untuk kunjungan sekolah per orangnya Rp 30 ribu dengan pengunjung minimal 30 orang. Sedangkan untuk rombongan umum Rp 40 ribu.

Alamat

Padepokan Dayang Sumbi terletak di Desa Pamoyanan, Jalan Arcamanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.